Rabu, 09 Maret 2011

KAPULAGA LOKAL

Terna tahunan, tumbuh berumpun rapat, satu rumpun terdiri dari 30-50 batang, tinggi antara 1-3 m. Batang semu, bentuk bulat, berwarna hijau, terdiri dari pelepah yang menyatu, membentuk rimpang, tumbuh tegak, tumbuh dari rhizome yang berada dalam tanah. Daun tunggal, duduk atau bertangkai pendek, letak berseling berhadapan, bentuk lanset, panjang 20-55 cm, lebar 2,5-11 cm, tepi rata, pangkal runcing, ujung meruncing, pertulangan daun menyirip, berbulu halus. Bunga majemuk, bentuk bulir seperti kerucut, tangkai utama berbuku rapat, mempunyai daun pelindung tersusun seperti sisik, kelopak berwarna putih, melekat pada ujung buah, mahkota berwarna putih, berkerut di bagian tepi, bagian tengah berwarna kuning dengan garis cokelat pada bagian tepi, benang sari satu, bertangkai pendek, menyerupai lempeng, kepala sari beruang, tangkai putik menyerupai benang. Buah buni, tersusun rapat pada tandan, terdapat 5-18 buah pada setiap tandan, bentuk bulat beruang tiga, ukuran buah bervariasi, panjang 14-16 mm, lebar 10-15 mm. Biji berwarna cokelat sampai hitam.

1. Klasifikasi Tanaman
Kingdom : Plantae, Divisio : Spermatophyta, Sub Divisio : Angiospermae, Class : Monocotyledonae, Ordo : Zingiberales, Family : Zingiberaceae, Genus : Amomum, Species : Amomum cardamomum Willd.
2. Nama
a) Daerah :
Aceh : Kapulaga, Jakarta : Kardamunggu, Gardamunggu, Minangkabau : Pua Pulago, Gardamunggu, Sunda : Kapol Jawa : Kapulago, Kapulaga, Madura : Kapolagha, Palahga, Bali : Kapulaga, Karkolaka, Ujung Pandang : Garidimong, Kapulaga, Bugis : Garidimong, Kapulaga.
b) Asing :
Belanda : Ronde Kardemom, Perancis : Amome A Grappe.

b. Kapulaga Sabrang
Terna tahunan, berumpun rapat, tinggi antara 2-4 m. Batang semu, bulat, beruas, masif, batang di dalam tanah membentuk rimpang, warna hijau pucat. Daun tunggal, berseling, bentuk lanset, tepi rata, ujung runcing, pangkal meruncing, panjang 50-100 cm, lebar 5-100 cm, pertulangan melengkung, permukaan halus, dan berwarna hijau. Bunga majemuk, bentuk malai keluar dari pangkal batang, tangkai pipih, panjang 20-30 cm, mahkota bunga berbagi, warna putih, kelopak bentuk corong, halus, warna kuning, benang sari silindris, panjang 5-7 mm, warna putih, kepala sari bulat, warna kuning, tangkai putik silindris, panjang 0,5-1,0 cm, warna cokelat. Buah buni, bentuk bulat lonjong, diameter 1-1,5 cm, warna putih. Biji bulat, diameter 2-3 mm, warna cokelat sampai hitam.

1. Klasifikasi Tanaman
Kingdom : Plantae, Divisio : Spermatophyta, Sub Divisio : Angiospermae, Class : Monocotyledonae, Ordo : Zingiberales, Family : Zingiberaceae, Genus : Elettaria, Species : Elettaria cardamomum (L.) Maton
2. Nama
a) Daerah :Sunda : Kapol Sabrang
b) Asing :
Belanda : Echte Kardemom, Lange Kardemom, Perancis : Kardamome, Jerman: Gewurzkardemom, Lesse Cardamom, Inggris : True Cardamon, Bengali : Elachi, Birma : Bhala, Arab : Hola, Srilangka : Ensal.

c) Habitat Dan Persebaran
Tumbuh liar di hutan primer dan hutan jati, di daerah pegunungan yang rendah dan tanahnya agak basah, bercurah hujari tinggi, atau di daerah yang selalu berawan, pada ketinggian 200-1000 m di atas permukaan laut. Tumbuh subur di bawah naungan pohon-pohon kayu hutan, di tempat-tempat yang sangat terlindung. Tumbuhan ini juga banyak dibudidayakan, sebab buahnya dipergunakan sebagai rempah pada berbagai jenis masakan.
Tumbuhan ini tersebar hampir di seluruh Indonesia, terutama di Jawa Barat (Kabupaten Ciamis yang memiliki tiga lokasi potensial untuk budidaya biofarmaka, yakni Gunung Sawal, Pangandaran, dan Panjalu),dan Sumatera Selatan. Selain di Indonesia, kapulaga banyak ditemukan di Srilangka, India, Guatemala, Tanzania, Papua Nugini, dan Malabar.
d) Kandungan Kimia
Buahnya mengandung minyak atsiri yang terutama mengandung sineol, terpineol, dan borneol. Kadar sineol dalam buah lebih kurang 12%. Disamping itu buah kapulaga banyak mengandung saponin, flavnoida, senyawa-senyawa polifenol, mangan, pati, gula, lemak, protein dan silikat.
Kandungan kimia dalam buahnya adalah minyak asiri (sineolterpen dan terpineol), minyak lemak, pigmen, protein, selulosa, gula, pati, silika, kalium oksalat, dan mineral. Komponen terbesar adalah pati, dan kulitnya mengandung serat kasar (dapat mencapai 31%).
Biji mengandung 3-7 % minyak atsiri yang terdiri atas terpineol, terpinil asetat, sineol, alfa borneol, dan beta.kamfer. Di samping itu biji juga mengandung minyak lemak, protein, kaisium oksalat dan asam kersik. Dengan penyulingan dari biji diperoleh minyak atsiri yang disebut Oleum Cardamomi, yang digunakan sebagai stimulans dan pemberi aroma. Rimpangnya mengandung saponin, flavonoida dan polifenol, disamping juga minyak atsiri.
Daun dan buah Elettaria cardamomum mengandung saponin, di samping itu daunnya juga mengandung polifenol, buah dan rimpangnya mengandung flavonoida dan minyak atsiri.

e.Penggunaan Tradisional
Air rebusan seluruh bagian tanaman digunakan untuk obat kuat bagi orang yang merasa lemas atau lemah akibat kecapaian. Juga berguna bagi orang yang berpenyakit encok atau rematik. Kadang-kadang juga digunakan sebagai afrodisiaka (untuk meningkatkan libido). Air rebusan batang digunakan sebagai obat menurunkan panas (demam).
Buahnya dipergunakan untuk bahan penyedap dan penyegar makanan dan minuman. Buah juga berkhasiat menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan, sebagai obat batuk, dan obat sakit perut. Rimpang sering digunakan untuk menghilangkan bau mulut, untuk obat batuk, dan menurunkan panas (sebagai antipiretikum).
Rimpang yang dikeringkan, digiling, lalu direbus dapat menjadi minuman penghangat bagi orang yang kedinginan, terutama bagi yang tinggal di pegunungan, di daerah beriklim dingin atau di hutan yang sangat lembab. Minuman ini sekaligus dapat mengobati sakit panas dalam.
Buah Elettaria cardamomum berkhasiat untuk pelega perut, di samping digunakan untuk rempah-rempah dan kosmetika. Untuk pelega perut dipakai ± 25 gram buah Elettaria cardamomum kering, ditumbuk halus dan dilumatkan dengan minyak kayu putih hingga menyerupai pasta. Pasta dioleskan ke perut sebagai tapal.

1 komentar:

  1. Ingin punya usaha online, dengan modal kecil hanya 20rb, berbekal android, cepat balik modal,tidak repot2 dan mendapat penghasilan tambahan? Klik saja ke http://komisifb.com/?id=tribin03 hanya dengan modal 20rb anda bisa mendapat penghasilan dgn cepat dan mudah balik modal. Semua usaha tentunya ingin mendapat hasil y harus kerja smart. Kerja dpt uang tidak harus keras tapi smart. No tipu2 sy dengan cepat sudah balik modal dan dapat untung padahal ikutnya iseng2...bukti in baru bisa ngomong...padahal lama saya g aktif ternyata masih tetep dapat komisi...TOP pokoknya sistem ini...kalau bingung konsultasi saja ke fb saya.akan saya bimbing....

    BalasHapus